Sabtu, 20 Agustus 2011

Oshibana Apaan Siiih?

Oshibana?
Ketika orang mendengar kata ini, mungkin sebagaian besar akan langsung ingat negara yang terkenal dengan bunga sakuranya:Jepang! Memang sih, kebanyakan dari kita sudah familiar dengan kata-kata Ikebana, Kabuki, kimono, sakura, Oshin and everything sound like that lah yaa...., tapi kalo oshibana kayaknya belum banyak yang tahu ya?

Oshibana memang berasal dari Jepang dan belum terlalu memasyarakat di negeri kita Indonesia, tetapi di luar negeri udah banyak penggemar dan praktisinya loh.. Malah ada kompetisi internasionalnya segala.
Nah, melalui blog ini saya ingin sharing, berbagi info dan sedikit bercerita serba-serbi tentang seni yang satu ini. Meskipun newby banget tentang Oshibana, I will do my best deh! Udah terlanjur cinta banget sama Oshibana, jadi yah apapun yang berhubungan dengan Oshibana saya jabanin dah, he he he....
Oshibana berasal dari kata:
Oshi = tekan
Bana/hana = bunga
Jadi oshibana secara harafiah adalah bunga yang ditekan/dipress
Oshibana adalah sebuah seni merangkai bunga kering yang menghargai keindahan bunga dalam keabadian.
Budaya Jepang yang ramah kepada alam telah melahirkan berbagai seni terkait dengan bunga. Ada Ikebana, Ikenobo dan O hanami. Rangakaian keindahan bunga sebagai wujud budaya itu merupakan sebuah proses panjang perjalanan waktu.

Oshibana mewujudkan keindahan bunga, daun dan alam sekitar kita dalam sebuah seni yang sebenarnya sederhana banget, tapi hasilnya indah luar biasa....!

Seni ini mengabadikan keindahan aneka flora yang usianya sangat pendek dalam berbagai bentuk rancangan, seperti hiasan dinding, kartu ucapan, pembatas buku, buku agenda, kotak kartu nama dan masih banyak lagi.

Seni yang satu ini nggak susah-susah amat kok membuatnya. Hanya saja dalam pengerjaannya dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra! He he he.... Kok bisa? Posting berikutnya akan saya terangkan secara umum. So....., keep on eye!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar